Senin, 28 Januari 2008

Tips - Agar Daya Tahan Baterai Notebook Centrino Lebih Lama

Nongkrong bareng teman di cafe sambil kerja ato browsing pake Notebook, kaya-nya bukan hal yang aneh lagi. Bahkan sudah menjadi semacam gaya hidup sekarang ini. Apalagi kalo di cafe tersebut menyediakan fasilitas hotspot. Wah dijamin acara nongkrongnya bakalan tambah seru dan lama.

Tapi keasyikan Anda tiba-tiba akan jadi 'drop', jika tiba-tiba laptop anda mengalami 'low bat'. Saya ingin berbagi suatu solusi yang nyaman untuk dapat bekerja lebih lama dengan Notebook tanpa harus kehilangan kinerja.

Kinerja notebook akan semakin sempurna bila masa pakai baterai lebih lama. Dua komponen yang rakus listrik pada Notebook adalah CPU dan backlight layar. Untuk memperpanjang durasi pakainya, langkah pertama adalah mengurangi brightness layar serendah mungkin dengan tombol yang sesuai.

Langkah kedua, kurangi kinerja prosesor dengan cara menurunkan core voltage sampai 30 persen. Hal paling mudah gunakan tool NHC (Notebook Hardware Control) yang dapat di-download dari www.pbus-167.com/. Setelah instalasi, buka tab “CPU Voltage” (lihat screenshot dibawah).

Jika Anda tidak yakin dengan nilai tegangan, klik link di samping tanda tanya. Tool ini akan memberikan nilai tegangan yang sesuai untuk CPU. Untuk Pentium M 740 pada Acer Travelmate 3220, pilih Core Voltage pertama secara manual dari 1.0 ke 0.7 pada tab “Set Voltage”. Kemudian, turunkan Core Voltage yang kedua dari 1.3 ke 1.004V.

Dengan cara ini, konsumsi arus CPU Centrino berkurang setengahnya. NHC secara otomatis menyesuaikan faktor terendah dan tertinggi pada CPU yang digunakan. Dengan mengklik “Set”, input akan diterima dan NHC akan memeriksa apakah prosesor berfungsi tanpa masalah dengan Core Voltage yang diturunkan. Dengan mengurangi brightness layar dan tegangan, Anda dapat memperpanjang daya tahan baterai sampai 1 jam. Mudah-mudahan tips ini bisa bermanfaat.

0 komentar: