Minggu, 10 Februari 2008

Membuat Background di Flashdisk atau Removal Disk

Flashdisk atau removal disk pada saat ini sudah menjadi sesuatu yang 'wajib' dimiliki oleh kita semua sebagai alat untuk menyimpan data-data penting. Apalagi jika kita sering mobile dari suatu tempat ke tempat lain, tentu akan lebih mudah dan aman jika menyimpan data yang kita butuhkan di media penyimpan seperti ini.

Tapi pernahkah terpikirkan oleh anda untuk memberikan sedikit 'sentuhan unik' pada flashdisk atau removal disk anda sehingga ketika media ini di colokkan ke komputer anda bisa melihat wajah anda terpampang ? Tentu menarik bukan, apalagi jika flashdisk/removal disk yang sudah anda 'modif' ini anda tunjukkan di depan rekan-rekan anda yang lain ! Wah dijamin keren punya tuh..!

Ikuti trik dari saya berikut ini :

Sebelum memulai trik ini sediakan terlebih dahulu 1 buah file gambar (photo anda sendiri lebih sip..!) ber-ekstension .jpg, contoh : hendy.jpg. Resolusi pixel untuk gambar background ini bebas namun usahakan agar tidak terlalu menyita kapasitas flashdisk/removal disk anda. Hasil yang akan didapat berbeda-beda tergantung resolusi monitor yang digunakan. Lalu sediakan juga satu buah icon gambar ber-ekstension .png, contoh hen.png. Jika anda mau membuat terlebih dahulu icon tersebut sesuai dengan selera anda, coba download program pembuat icon itu di sini. Ingat dan usahakan icon yang anda telah anda buat mempunyai ukuran 32×32 pixel.

Trik ini menggunakan 2 file sebagai aplikasinya, yaitu file desktop.ini dan autorun.inf
1.desktop.ini
  • Buatlah satu buah folder di dalam flashdisk atau removal disk anda, dengan nama "file"
  • Lalu copykan dua buah file yang sudah saya sebutkan diatas tadi kedalam folder yang sudah anda buat.
  • Buka program notepad di komputer anda
  • Lalu ketik kode script berikut ini : (tips copy paste saja..!)
[ExtShellFolderViews]
{BE098140-A513-11D0-A3A4-00C04FD706EC}={BE098140-A513-11D0-A3A4-00C04FD706EC}
[{BE098140-A513-11D0-A3A4-00C04FD706EC}]
Attributes=1
IconArea_Image=file\hendy.jpg
IconArea_Text=0×00FFFFFF

Coba lihat bagian script ini :
IconArea_Image=file\hendy.jpg
Gantilah bagian yang berwarna biru tersebut dengan nama folder yang sudah kita buat dan gantilah nama file-nya sesuai dengan nama file yang sudah anda copy-kan sebelumnya.

Perhatikan bagian script ini juga :
IconArea_Text=0×00FFFFFF
Enam digit terkahir yang sengaja diberi warna biru adalah kode hex untuk warna yang bisa kita rubah-rubah. Kali ini saya memilih kode hex untuk warna putih. Jika anda ingin merubah warna menjadi warna lain coba pelajari dan klik disini !

  • Jika sudah selesai, Save as dengan memilih save as type “all files” dan beri nama desktop.ini (simpan didalam flashdisk atau removal disk anda dan jangan anda simpan file ini didalam folder apapun).
2.autorun.inf
  • Buka lagi program notepad
  • Lalu copy paste kode script beikut ini
[Autorun]
Icon=File/hen.png
  • Gantilah nama folder dan nama file-nya sesuai dengan yang sudah saya instruksikan diatas.
  • Jika sudah selesai, Save as dengan memilih save as type “all files” dan beri nama autorun.inf (simpan didalam flashdisk atau removal disk anda dan jangan anda simpan file ini didalam folder apapun).
Nah segitu saja kok tips dari saya. Silahkan anda mencoba mencolokkan flashdisk/removal disk anda dan lihat apa yang terjadi ! Hasilnya kira-kira seperti ini :

0 komentar: