Minggu, 09 Agustus 2009

Tips : Amunisi Bernegosiasi ala Franklin Covey


Ukuran sukses seorang pelobi adalah memperoleh hasil negosiasi yang mampu memberikan value yang maksimal bagi organisasi yang diwakili-nya. Ibarat akan maju ke medan tempur, seorang pelobi harus mempunyai cadangan amunisi yang cukup untuk menundukkan musuh dalam perang. Dibawah ini ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum bernegosiasi.


Anggota Kelompok.
Bila akan bernegosiasi, pengenalan yang mendalam tentang anggota kelompok sangatlah penting. Cobalah kenali preferensi, kecenderungan, serta pendapat mereka.

Peran Anda.
Sebelum bertandang ke medan laga, Anda sebaiknya merumuskan dan mengetahui peran Anda. Apa dan bagaimana fungsi Anda dalam kelompok ?

Topik yang akan dibicarakan.
Seberapa familier dan siapkah topik yang akan Anda bawa ke meja perundingan ? Maka-nya, data-data pendukung perlu Anda siapkan.

Proposal Awal Anda.
Pemikiran awal Anda terhadap isu yang akan dibicarakan sangat menentukan posisi di meja perundingan.

Siapakah Lawan Anda.
Untuk itu, Anda perlu mengetahui pemikiran, latar belakang, tendensi, serta pendekatan mereka. Bagaimanakah mereka melihat Anda selama ini ? Dan, sejauh mana Anda mengenal mereka ?

Apa Yang Anda Harapkan.
Dalam tahapan terakhir ini, Anda perlu merumuskan keinginan yang perlu dilakukan, diketahui, dan dirasakan lawan bicara Anda.


0 komentar: